Skip to content

Cara update status FB via apa aja

April 25, 2010


Biasanya pada status FB ada text yang bertuliskan via Mobile Web, via Facebook for Blackberry, via Samsung Mobile.. Via2 itu ap sie sbnrnya ?? Sbnrnya itu hanya aplikasi pada facebook.

Sekarang saya akan ngasik turoial gmna caranya buat aplikasi di FB yang bisa update status ap aj, mau via Ojek, via Angkot, via Dukun, via Hp Curian, via Bakpia ap aj deh.. he2.

Gni caranya :
1. Buka http://www.facebook.com/developers

2. Pilih Allow untuk melanjutkan.

3. Buat aplikasi baru, dengan cara pilih Set Up new Application

4. Pada Application Name ketikkan nama aplikasi anda yang nantinya akan muncul pada status anda. Misalnya jika anda menamakan aplikasi anda HP China, maka nanti pada status FB anda akan tertulis via HP China. Setelah itu pilih Agree lalu klik Create Application.

5. Lalu tmn2 akan melihat beberapa text diantaranya Application ID, API Key dan Secret. Kode2 ini akan digunakan pada nantinya, jadi catat bila perlu atau jangan di close window/tab ini..

6. Di bawahnya tmn2 bisa ganti icon dan logo. Icon adalah gambar yang muncul di depan tulisan “via”. Misalnya kalo via Blackberry di depan nya kan ada tu lmbang blackbery. Di sini tmn2 bisa buat icon sendiri, lalu simpan dalam bentuk PNG atau GIF (supaya ada fitur transparan nya, kalo JPEG kan kgak ad..). Logo gunanya untuk menampilkan gambar pada aplikasi kita. Gak terlalu penting. Yang penting icon nya aj.. Kalo udah pilih ‘Save Changes’.

7. Kemudian masuk kesini http://apps.facebook.com/statusgen/index.php (Sebenarnya ini adalah sebuah aplikasi Fb jg yang dibuat oleh “Hancur Network”. Jadi kalo mw bilang makasih klik aj iklan nya dia, he2) kemudian klik “Create” pada menu yg ada d atas.

8. Di bawah tmn2 bkal disuru masukin Kode2 tadi (API Key, dll), masukkin aj sesuai field nya. Aplication name ny jg sama in. Pada Canvas Page URL isikan nama aplikasi tmn2 tanpa sapasi dan harus hurf kecil semua.. Kemudian klik tombol “Tekan Tombol Ini”. maka tmn2 akan dikasik ID Unik, berwarna merah kalo gak salah.. Catet atau jangan diclose tab/window ny..

9. Sekarang balik lagi ke tab/window aplikasi yg tmn2 bwt td. Pilih “edit setting” di sebelah kanan. Lalu pilih “Canvas”

10. Kemudian isi “Canvas Page URL” nya dengan Canvas Page URL yg tmn2 buat tadi, yaitu http://apps.facebook.com/namaaplikasinya
dan untuk “Canvas Callback URL” nya adalah http://www.hancur.com/fb/rwshout-ID unik agan yg tadi/
trus di canvas setting pada Render Methodnya pilih “FBML”.
Kalau udah “Save Changes”.

11. sekarang aplikasi update status tmn2 uda jadi. Cara makenya gampang, masuk kesini http://www.apps.facebook.com/nmaplikasinya, pilih allow, lalu klik link yang menyarankankan tmn2 agar bisa update status via aplikasi tmn2. lalu akan muncul special request, pilih “Allow”.

12. Jika udah, nanti bkalan muncul sebuah textbox, dan ketik kan status tmn2 dan klik tombol update status nya. Dan liat profile tmn2.. Keren kan ??? jangan lupa untuk membookmark aplikasi tmn2, biar gampang kalo mw update status lg… he2..

Tutorial ini saya kutip dari http://www.kaskus.us TS: Agan ronronn
Tentu saja saya ketik lagi dengan kata2 sendiri, cmn gmbar2nya aj yg sama., he2.. Abis capek klo buwat lg.. Ijin y gan ronronn..🙂

Ini contoh applikasi FB yg uda saya buat http://apps.facebook.com/laptopnyadedik

Klik gmbar untuk memperbesar..

Jangan lupa komen nya y… he2..

From → Facebook, Tip n Trik

15 Comments
  1. Anonymous permalink

    Hmmmm nice3… ini yang saya cari2…

  2. he2.. silahkan di coba…

  3. yogixramelow permalink

    Meskipun saya bingung caranya tapi Yogix Ramelow Menyukai.
    Thx BraY,,,,,,,

  4. Anonymous permalink

    thx gan!!!!!!
    bisa jg gw

  5. Yo.. yoo.. silahkan dicoba gan..

  6. Anonymous permalink

    beughhh keren banget gan!!!!
    two thumbs up dech bwt agan😀

  7. thx gan…

  8. Anonymous permalink

    kok gagal trs yah stlh dpt kode id merah?help me

  9. Anonymous permalink

    kok selalu gagal trs di canvas yah?knp kira2?kode yg dimasukkan sdh bnr

  10. gagal nya kenapa tu gan??

  11. rururuu permalink

    berhasil berhasil… senang hahaha😀

  12. Anonymous permalink

    kok gAK bisa gan???
    apa perlu menunggu untuk disetujui atau enggak ya???

  13. @rururuu : slmt2…

    @Anomin : uda sesuai dengan prosedurnya gak gan??
    gk pake nunggu, langsung mw shrsny..

  14. ferdy permalink

    aku ko blm dpt sms dr fb y??
    brpa lama dpt code comfrannya ??

  15. Mantaplah, uyeaaa bkinin jadinya aja gan ckckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: