Skip to content

Cara Install Windows XP pada Compaq CQ40-337TU

November 19, 2009

Oke Compaq-er, he2..(sebutan para pengguna Compaq). Aku akan jelasin langkah – langkah cara Install ulang Windows XP pada Compaq CQ40-337TU.
Mungkin tmn2 udah pada nyoba untuk install Windows XP pada laptop tmn2, dan kemungkinan besar atau pasti akan muncul blue screen (serious error pada windows), ini disebabkan karena laptop Compaq kita memang dirancang bukan untuk XP melainkan Vista. Biar laku kali Vista nya (peace Microsoft…).
Oke kita mulai saja, yang perlu tmn2 perlukan sebelum memulai misi yaitu :
1. .Net Framework (min 2.0) download
2. nLite (yang aku pake versi 1.4.9.1) download
3. Driver SATA AHCI CQ40-337TU download
4. CD Setup Windows XP (SP 2 disarankan) minta
5. 1 buah CD R kosong beli
6. 1 buah komputer yg normal (gk mungkin kan kita melaksanakan misi di laptop kita rusak..he2) nyicil
Setelah .Net Framework dan nLite tersinstal. Maka langsung aja buka nLite nya..


Akan muncul tampilan welcome. Pilih bahasa, bhs Indo jg ada lo..Langsung Next!!


Pada form selanjutnya tmn2 akan diminta untuk memasukkan lokasi Setup XP nya, sebelumnya tmn2 copy dulu Setup XP tersebut dari CD ke Harddisk dan tempatkan dalam sebuah folder. Klik browse dan masukkan folder tadi. Lalu nLite akan menganalisa Setup XP nya, dan detail nya akan muncul setelah beberapa saat. Klo udah, langsung Next!!
Selanjutnya akan muncul form, disini aku jg gk ngerti, NEXT aja dah..Biarin aja form nya kosong..


Form selanjutnya kita akan menambahkan Driver Sata dan membuat CD kita bootable (biar bisa booting, kyk CD nya XP tu..). Tmn2 klik aja Button Drivers dan Bootable ISO. Klo udah pijit NEXT!!!!


Disini saatnya tmn2 menambahkan Driver Sata tmn2, yg uda di donlod tadi..
Tekan Insert maka akan muncul pilihan, pilih Multiple Driver Folder, lalu cari dimana tmn2 menaruh driver sata nya, klo msh dlam bentuk dikompres tmn extract dulu.
Kalo udah pilih tombol All lalu OK. Setelah itu pilih TextMode Driver lalu pada text mode integration options tekan CTRL+A agar semua terseleksi, lalu OK. Lalu NEXT!!!!!!!!!!!!
nLite akan memulai proses, tunggu mpe lese..Klo udah akan muncul form lagi..


Ini uda thap akhir, jika tmn2 ingin membuat ISO / Image nya pada mode pilih saja Create Image, disini kita langsung saja Buat CD XP kita. Pertama masukkan CD R kosong pada Drive CD lalu pada mode pilih Direct Burn, maka tombol Make ISO akan berubah menjadi Burn (bakar, ngapaen CD dibakar y????). Isi labelnya, terserah mw apa, lalu tekan tombol Burn, maka CD anda akan langsung terbakar, he2 becanda..
Langsung saja tekan burn, jika ada muncul pertanyaan pilih Yes aja.Tunggu mpe lese..
Klo udah nLite bisa di close.
Selamat tmn2 telah berhasil membuat CD XP kusus untuk CQ40-337TU.
Selanjutnya silahkan mulai misi selanjutnya yaitu install ulang….

Untuk tambahan, cara ini juga berlaku untuk tipe laptop compaq yang laen..penulis uda pernah nyoba untuk CQ40-538TU, hanya driver sata nya yang beda, sesuai dengan tipe laptop tmn2..
Komen y…

From → Tip n Trik

8 Comments
  1. Anonymous permalink

    Lucu Lu

  2. ha2… thx bro..

  3. bos ksi link download driver sata CQ40-603Tu donk?? ga ktmu2 pox. . .

  4. Kl pake XP SP3 bs ga bro ?

  5. Bisa bro, min XP 2 :10:

  6. lah kan d setingan bios tinggal d disable dulu juga bisa … terus habis tuh save n keluar n install deh xp kesayangan setelah selesai semua tinggal d kembalikan tuh setingan ahci pada bios n tarat……… jadi deh xp dengan sempua …

    kackdir.blogspot.com

  7. @kackdir
    Ok thx info nya.. disini ane cmn mau share pengalaman aj…

  8. untuk kackdir : di bios phoenix CQ40 kl g salah gak ada setting disable/enabled sata ahci nya. dan cara “setelah selesai semua tinggal d kembalikan tuh setingan ahci pada bios n tarat……… jadi deh xp dengan sempua …
    ” kykny gak bisa dipake. soalny pasti langsung blue screen..berlaku untuk semua jenis laptop yg hardisknya pake sata..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: